October 7, 2019 Cara Merawat Jaket Kulit Dengan Baik

Cara Merawat Jaket Kulit Agar Tahan Lama

Jaket kulit memang terbuat dari bahan yang lebih kuat dari jaket pada umumnya sehingga cukup awet dan tahan lama. Tapi ketika Anda membiarkannya tanpa merawatnya sekalipun, maka kerusakan bisa saja terjadi. Terutama ketika terkena noda dan tidak segera dibersihkan. Anda perlu mengetahui cara merawat jaket kulit karena berbeda dengan jaket jenis lainnya.

Begini Cara Merawat Jaket Kulit Agar Awet

Jaket kulit dirawat dengan teknik khusus sehingga Anda bisa mempertahankan kilap dan kebersihannya. Jaket kulit yang asli memang kuat, namun bisa rusak seketika saat Anda mengalami tragedi tertentu. Atau disebabkan noda yang dibiarkan dalam waktu lama. Jaket kulit juga dapat kusam dengan cepat ketika tak pernah dirawat.

Jika Anda belum mengetahui dengan tepat cara merawat jaket kulit tentu keretakan pada permukaan jaket bisa terjadi. Simaklah beberapa poin di bawah ini agar jaket tetap awet dan tampak mengkilap selalu.

  1. Bersihkan Noda dengan Teknik Khusus

Noda pada jaket kulit bisa bertahan sangat lama dan awet jika sebelumnya tidak segera dihilangkan. Material jaket kulit pun bisa retak, pecah-pecah hingga kusut ketika Anda salah merawatnya. Kerusakan bahan pun bisa terjadi karena Anda terlalu sering mencucinya, atau disebabkan bahan deterjen yang terlalu keras.

Anda perlu mengetahui teknik khusus membersihkan noda pada jaket kulit, berikut langkahnya.

  • Pilih produk pencuci yang lembut seperti sampo atau sabun. Anda bisa menggunakan deterjen yang cocok untuk pakaian bayi. Anda juga dapat memilih produk-produk pembersih untuk bayi, sabun atau sampo bayi.
  • Permukaan jaket kulit sebenarnya mudah dibersihkan karena tekstur materialnya cukup licin. Anda bisa menyiapkan sikat gigi tak terpakai, kemudian mencampurkan sabun atau sampo dengan air. Oleskan campuran tersebut tepat di bagian noda, sikat dengan gerakan lembut hingga bersih.
  • Anda bisa menggunakan kain lap yang dibasahi oleh air atau sabun, gosok permukaan noda sesuai dengan alur serat bahan kulit.
  • Untuk membersihkan sabun, Anda bisa menggunakan kain basah yang telah dibersihkan. Jika noda terlalu banyak, Anda bisa mencucinya dengan direndam terlebih dahulu selama beberapa menit, kemudian mengucek lembut permukaan noda. Segera keringkan setelah dicuci bersih.
  • Agar jaket kulit harum, Anda perlu menambahkan pewangi dan pelembut pakaian yang aman untuk serat permukaan kulit.
  1. Cuci dengan Cara Manual

Seperti yang telah disinggung sedikit pada poin sebelumnya, cara membersihkan yang salah bisa merusak serat material jaket kulit. Semua cara harus dilakukan dengan ekstra hati-hati dan lembut sehingga Anda tidak diperkenankan menggunakan mesin cuci.

Jaket kulit lebih aman dan tahan lama jika dicuci secara manual. Tenaga mesin yang terlalu keras justru akan merusak serat permukaan material kulit, bahkan bisa menyebabkan warnanya semakin kusam.

  1. Gantung Ketika Menyimpannya

Jaket kulit sebaiknya tidak dilipat saat disimpan di dalam lemari. Anda perlu meletakkannya di lemari gantung agar serat-serat material tidak tampak kusut dan membekas berupa lipatan.

Menggantung jaket kulit dengan hanger membuat jaket tahan lebih lama dan tampak bagus tanpa bekas lipatan. Begitupun ketika Anda usai memakainya, segera gantung dengan rapi.

Ketiga cara merawat jaket kulit di atas seringkali tidak diperhatikan oleh banyak pemilik jaket kulit. Beberapa dari mereka bahkan jarang mencucinya namun sering memakainya. Itu diperbolehkan asal Anda bisa menjaga permukaan kulit terbebas dari noda. Lakukan dan ikuti ketiga poin di atas agar jaket kulit Anda tampak mengkilap setiap saat dan tahan lama.

One thought on “Cara Merawat Jaket Kulit Agar Tahan Lama

  1. Saya salah satu penggemar jaket kulit hitam, Jika saya melihat orang berjaket kulit hitam dimata saya seperti keren sekali hehehe. Terimakasih infonya min 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× WhatsApp 085315075419